Curhat Gara-gara Hallyu

July 25, 2016

Curhat Hallyu
quickmeme.com
pernah denger istilah Bieber Fever? jauh sebelum itu udah lebih dulu muncul istilah Hallyu atau Korean wave. kalau bieber fever berarti tergila-gila sama Justin Bieber, nah maka hallyu alias korean wave ini berarti tergila-gila sama budaya Korea. dibanding hallyu, saya lebih seneng pake istilah korean wave sih. kesannya kaya dahsyat banget gitu ya. wave wuuush berasa dihempas badai. kalau saya baca-baca, korean wave ini awalnya muncul di akhir taun 90-an. tujuannya untuk membentengi Korea dari budaya barat, makanya mereka habis-habisan mengembangkan budayanya sendiri. saking hebatnya, mereka berhasil bikin budayanya diminati negara tetangga. yaudah deh saya ga bakal cerita sejarahnya panjang lebar, saya cuma mau cerita rasanya kena korean wave.

dari dulu, saya emang udah kenal drama korea. sebut aja deh dae jang geum sama full house yang melegenda. tapi saya belum tergila-gila. bahkan pas jamannya boybands sama girlbands  pun saya masih kalem-kalem aja, meskipun sedikit banyak tetep tau personil atau lagunya. maklum lah, saya masih kebarat-baratan banget waktu itu. sampai akhirnya satu taun lalu, nonton drama korea lagi setelah berapa taun ga pernah tau perkembangannya. perasaannya gimana, Nis? lah, gue baper.

nah, itu deh titik balik sekaligus titik awal saya kena korean wave. di kampus, yang suka korea itu sumpah banyak banget kayanya. belum lagi temen-temen di twitter, hampir lebih dari setengah suka korea. dari titik balik sampai sekarang, ada satu temen yang saya jadiin senior pe-korea-an. mulai dari minta drama, update info, sampe curhat receh pun saya tumpahinnya sama dia. siapa yang sangka kalau saya bakal kenal korean wave juga ckck. tapi kalau dibandingin orang-orang, saya belum sebanyak mereka lah pengetahuan sama pengalamannya. apalagi saya baru sebatas suka semua yang berkaitan sama drama aja, misalnya aktor sama soundtrack. nonton drama aja harus yang aktornya cakep haha. tapi kalau ditanya musik-musik mah saya juga nyerah.

Curhat Hallyu
id.pinterest.com
gelombang korea ini emang bener-bener dahsyat. antara pengen lepas tapi nagih. antara candu tapi nyita waktu. apalagi sering jadi berdelusi dan bikin standar laki-laki setinggi aktor korea. masalah kedua ini parah banget sih, bisa jadi mikir better off alone daripada gak dapet yang kaya aktor korea. haha tuh kan prinsipnya jadi parah, drama banget kan anaknya tuh.

untuk yang belum kena korean wave, saya mau kasih saran aja untuk siapin waktu sama perasaan dan liat seberapa besar korean wave mengubah hidup kalian. yeu sebegitunya, emang. saya rela banget nonton drama sampe gatau waktu, belum lagi perasaan porak-poranda gara-gara adegannya nyentuh langsung ke titik paling rentan di hati haha. apalagi adegan yang super so sweet yang bikin teriak ga jelas atau soundtrack-nya yang selalu bikin flashback tiap didengerin. pokoknya setiap selesai nonton satu judul drama, saya perlu waktu beberapa hari dulu untuk ngeredain baper. sebegitunya ya? iya.

mau tau hal dahsyat lainnya? untuk saya pribadi, karena drama korea inilah saya tertarik belajar bahasa korea. ga tau gimana awal mulanya, tiba-tiba saya belajar hangul dan download aplikasi untuk belajar bahasa korea. dari yang awalnya folder film banyak diisi film barat, sekarang penuh sama drama korea. folder lagu yang diisi hampir 1000 lagu barat pun mulai ditambah pake lagu korea. yang awalnya saya suka john mayer, zac efron, sama logan lerman, sekarang malah suka park yoo chun, park hyung sik, seo in guk, sama lee jong suk. pokoknya semua hal tiba-tiba jadi korea, korea, korea, aigoo.

Curhat Hallyu
id.pinterest.com
nah, tau kan drama descendants of the sun bakal tayang di tv? saya yakin deh yang suka korea bakal nambah lagi. soalnya drama ini emang wow banget sih bapernya. cuma mungkin kalau di tv bakal banyak sensornya he he he.
overall, saya ga masalah sih kena korean wave. ini tuh semacam surga dunia. pokoknya ga bakal tau gimana rasanya sebelum kalian juga kena korean wave kaya saya. sekali masuk, susah cari jalan keluar. atau lebih tepatnya emang ga mau cari jalan keluar kali ya.